Sabtu, 9 November 2013, 19:38 WIB

Topan Haiyan Mereda, Tinggalkan Kehancuran Di Sebagian Wilayah Filipina.

Topan Haiyan serang Filipina

Delapan6.com, Filipina.  Topan Haiyan mungkin badai terkuat yang pernah menerjang daratan. Badai ini pertama kali mendarat di dekat kota  Dulag dan kota Tacloban Filipina dengan kekuatan 195 mph angin dengan hembusan mencapai setinggi 235 mph.

Saat ini  terjangan sang badai telah menghancurkan sebagian besar wilayah kota Tacloban di Filipina tengah, menewaskan sekitar 100 orang dan menghancurkan sebagian besar rumah yang disebabkan  gelombang besar dan angin kencang.

Jumlah korban kematian dan kerusakan diperkirakan akan meningkat tajam saat petugas penyelamat dan tentara dapat menjangkau daerah-daerah terputus. Saat ini topan haiyan sudah pergi dari Filipina menuju Vietnam.

Badai kategori 5 ini melemah setelah mencapai enam tempat di Filipina dan statusnya telah diturunkan ke kategori 4, meskipun peramal cuaca mengatakan bisa menguat lagi di atas Laut Cina Selatan saat jalurnya  akan mulai menerjang Vietnam. Diperkirakan Topan Haiyan  akan  mendarat Minggu pagi dekat kota Da Nang dan Hue Vietnam.

Helikopter militer Filipina yang melakukan pantauan dari udara dan badan-badan bantuan di Manila melakukan perjalanan selama 18 jam untuk mencapai pulau-pulau paling parah.

 

Filipina belum melanjutkan komunikasi dengan pemerintah kota Tacloban, kota berpenduduk sekitar 220.000 yang merupakan daerah yang paling parah terkena badai. Menurut  seorang pejabat senior kota diperkirakan ada sedikitnya 100 orang tewas.

Dikutip dari Reuters,  Kapten John Andrews, wakil direktur jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Filipina mengatakan  "Mayat-mayat  tergeletak di jalan," Sementara itu Badan bencana nasional Filipina belum bisa mengkonfirmasi jumlah korban secara pasti.

Sebelum komunikasi terputus pada hari Jumat, pemerintah  kota telah melaporkan banjir besar. Jaringan telepon dan aliran listrik terputus, pohon-pohon tumbang yang mengakibatkann sebagian jalan terputus.

"Hampir semua rumah hancur, banyak yang rusak total.   Hanya beberapa bangunan yang masih berdiri, meskipun beberapa bagiannya rusak," kata Mayor Rey balido, juru bicara badan bencana nasional yang  menambahkan bahwa hubungan komunikasi terputus membuatnya sulit untuk menolong korban.

Layanan feri dan bandara di Filipina tengah terhenti, sehingga menghambat pengiriman bantuan ke Tacloban, meskipun demikian pihak  militer mengatakan dua C-130 pesawat angkut berhasil mendarat di bandara pada hari Sabtu.

Andrews mengatakan terminal bandara dihancurkan oleh angin topan, yang juga meniup dari atap menara bandara di Roxas Kota di provinsi Capiz ke barat.

Setidaknya dua orang lagi telah tewas pada tujuan wisata pulau Cebu, kata sebuah laporan radio Filipina.

Topan melayang-layang di 440 km sebelah barat dari San Jose, di barat daya Provinsi Mindoro Occidental, membawa angin maksimum 175 km per jam, dengan hembusan sampai 210 kpj.

Badai melanda pulau Leyte dan Samar dengan 275-kph hembusan angin dan 5-6 meter (15-19 kaki) gelombang pada hari Jumat sebelum menjelajahi ujung utara Provinsi Cebu.

Badai sedikit melemah saat bergerak barat-barat laut dekat pulau wisata Boracay, kemudian menerjang pulau Mindoro.

Haiyan adalah badai kedua Kategori 5 yang menerjang Filipina tahun ini setelah Topan Usagi pada bulan September. Rata-rata 20 topan menyerang setiap tahun.

Tahun lalu, Topan Bopha membuat rata tiga kota di Mindanao selatan, menewaskan 1.100 orang dan menyebabkan kerusakan lebih dari $ 1 miliar. (vinda/olv/reuters).

Komentar